Skip to main content

Mecoba Google Chrome

Google telah merilis perangkat perambah web ( web browser) buatan mereka sendiri yang dinamai Chrome. Menurut mereka, alasan utama google membuat browser adalah untuk memastikan bahwa browser dapat menunjang semua aplikasi web yang ada sekarang ini. Karena,macam-macam halaman web yang ada sekarang (dan kedepan) bukan hanya halaman web biasa seperti waktu lampau. Web sekarang lebih variatif dan bisa dianggap sebagai aplikasi-aplikasi yang berbeda. 

Menurut Komik cerita pengembangan Chrome dan video dibalik pembuatannya, Chrome didesain dengan gaya minimalis seperti halaman pencari google, namun cukup tangguh untuk menjalankan aplikasi web yang ada sekarang.Salah satu kunci perbedaan Chrome dengan browser lain adalah : chrome memperlakukan setiap tab sebagai sebuah proses (thread) sendiri, yang akan membutuhkan memory masing-masing. Keuntungannya adalah ketika salah satu tab mengalami gangguan membuka web (karena bug atau apapun), tidak akan menggangu tab yang lain.

Software open source yang masih beta ini diharapkan dapat mengundang minat developer dan pengguna untuk mengembangkannya.

Sejauh ini setelah mendownload Chrome dan menjalankannya untuk menyambangi web web yang selama ini dikunjungi, tidak ada masalah. Beginilah tampilan depan Chrome (kklik gambar untuk tampilan lebih besar) :
Google Chrome
default halaman depan chrome menampilkan history halaman web yang sering kita kunjungi, dan bookmark link disisi kananya.
Mencoba untuk membuka salah satu web favorit saya: Film Trailer, high definition. untuk membuktikan Javascript berjalan lancar, dan memang lancar jaya!



Dilihat dari sisi pemakaian resource komputer, terlihat bahwa setiap tab diperlakukan sendiri2, dibawah ini skrinsyut windows process setelah saya membuka 8 tab id google chrome :


Belum ada fitur baru yang mempesonakan saya pada google chrome beta ini (saat ini baru tersedia untuk versi windows). Hal kecil yang mungkin berbeda dibanding firefox dari sisi design: jika kita membuka link pada tab baru, tab tersebut akan muncuk disamping tab yang memuat link tersebut(tab halaman yang kita klik linknya), bukan disisi paling kanan seperti firefox dll. Mouse over pada hyperlink text akan menampilkan urlnya secara floating di sisi kiri bawah, tidak ada dedicated status bar (yang biasa memuat alamat url ketika kita melintas di teks atau gambar hyperlink) di bagian bawah browser.


Begitulah sekilas tentang percobaan saya sehari ini memakai google chrome.  Kalau belum puas, download saja kemudian komen disini kalau ada yang terlewat dari pengalaman saya diatas.

Comments

Popular posts from this blog

Fayha Shafiyyah Bintarum

hari ini (21/12/06) adalah aqiqah Fayha. Siapa itu Fayha??

iyah,alhamduli4JJ1 istriku dah melahirkan dengan normal hari Jum'at 15 Desember 2006 di RS Hermina.

Sebelumnya memang tidak seperti kebanyakan kelahiran,hari itu meleset dari rencana. Tgl 14 des malam,istriku CTG dan hasilnya bayi kurang oksigen karena terdeteksi denyut jantung kadang hilang... wah... udah nyot nyot aja itu jantung dan pikiran.Akhrinya malam itu istriku dirawat inap (plus oksigen dan infus).

Paginya,Jumat,15 Desember 2006 (04:00), istriku di CTG ulang, hasil alhamduli4JJ1 normal.. teryata kesimpulan hasil jelek semalem sebelumnya adalah karena sebelum CTG semalam,istriku belum makan,jadi mungkin bunyi detak jantung bayi tertutup dengan bunyi "kriuk-kriuk"lapernya perut istriku..hehe...

setelah di CTG ulang,ternyata sudah ada beberapa kontraksi,namun tidak banyak... sehingga induksi pun dilakukan untuk merangsang keluarnya janin.
Jam 05.00 aku sholat subuh dimushola. Sehabis sholat,istriku sms "u…

filosofi berkendara (di jakarta)

Seringnya bolak-balik sawangan jakarta (30 km pp) sempat membuatku terbersit untuk mengambil filosofi berkendara selama ini. Tak jarang, setiap kejadian di jalan kurasakan sbg miniatur kejadian yg lebih 'besar'.
Topik ini aku sempitkan menjadi berkendara dengan sepeda motor dikarenakan 3 hal: pertama, motor lebih leluasa memilih bergerak di jalanan jadebotabek,hal inilah yg bisa jd cerminan hidup,klo hidup itu banyak pilihan; kedua, belum sempet beli mobil aja (bingung milihnya: mau model 90'an apa 2000'an.. angkat tsb bukan berarti tahun...tp harganya ,dalam ribuan hehe..) dan ketiga: karena bajaj adalah kendaraan yg sangat tidak favorit untuk pijat refleksi seluruh badan dalam perjalanan 30 km.

Oke deh,dengan lebih memanfaatkan waktu blogwalk anda.. berikut kejadian filosofis selama berkendara yang bisa kugapai:

1. ketika macet (terutama) di jakarta, dan ketika aku sudah berada di satu jalur tertentu, selalu saja ada pengendara motor lain yang ngambil jalur lain dan itu…

Sopir, sastra jalanan

Siapa bilang sopir ga bisa puitis.. justru tumbuh di jalan,menikmati stiap jengkal jalan raya dan persinggahan kerap membuat sopir dan rekan jalanan menemukan idiom, frasa, kata, kalimat yang puitis yang entah mencerminkan kerinduan mereka akan rumah atau ketenggalaman mereka 'menikmati' jalanan dibelakang kendali.

berikut adalah beberapa kata/kalimat yang kerap ditemukan di body truk/bus, hasil kreatifitas sastra mereka, walaupun tak semuanya baku.

sudah lama sih isneg pengen me-list semuanya, kebetulan nemuin daftarnya di milis d399 stt telkom berikut ini:



"TABAH MENANTI"
"Mabok bae"
"Ku Nanti Jandamu"
NEW FEAR THE ME IS 3 --> Nyupir demi istriAN 3 DIS!!!
SEKARANG BAYAR, BESOK GRATIS !!!
"WWW. A P KT NTE AJ.COM"
"Ber 2 1 7 an"
CAN'T ARE ROCK --> Ken Arok
MER - 123 - LUCK --> Mertua Galak
THONK HE LOVE --> Thonk khilaf"
Anda butuh waktu,kami butuh uang""Naik Gratis,Turun Bayar"
"Ma2ku 1/3 dis"
TH…