Mecoba Google Chrome

Google telah merilis perangkat perambah web ( web browser) buatan mereka sendiri yang dinamai Chrome. Menurut mereka, alasan utama google membuat browser adalah untuk memastikan bahwa browser dapat menunjang semua aplikasi web yang ada sekarang ini. Karena,macam-macam halaman web yang ada sekarang (dan kedepan) bukan hanya halaman web biasa seperti waktu lampau. Web sekarang lebih variatif dan bisa dianggap sebagai aplikasi-aplikasi yang berbeda. 

Menurut Komik cerita pengembangan Chrome dan video dibalik pembuatannya, Chrome didesain dengan gaya minimalis seperti halaman pencari google, namun cukup tangguh untuk menjalankan aplikasi web yang ada sekarang.Salah satu kunci perbedaan Chrome dengan browser lain adalah : chrome memperlakukan setiap tab sebagai sebuah proses (thread) sendiri, yang akan membutuhkan memory masing-masing. Keuntungannya adalah ketika salah satu tab mengalami gangguan membuka web (karena bug atau apapun), tidak akan menggangu tab yang lain.

Software open source yang masih beta ini diharapkan dapat mengundang minat developer dan pengguna untuk mengembangkannya.

Sejauh ini setelah mendownload Chrome dan menjalankannya untuk menyambangi web web yang selama ini dikunjungi, tidak ada masalah. Beginilah tampilan depan Chrome (kklik gambar untuk tampilan lebih besar) :
Google Chrome
default halaman depan chrome menampilkan history halaman web yang sering kita kunjungi, dan bookmark link disisi kananya.
Mencoba untuk membuka salah satu web favorit saya: Film Trailer, high definition. untuk membuktikan Javascript berjalan lancar, dan memang lancar jaya!



Dilihat dari sisi pemakaian resource komputer, terlihat bahwa setiap tab diperlakukan sendiri2, dibawah ini skrinsyut windows process setelah saya membuka 8 tab id google chrome :


Belum ada fitur baru yang mempesonakan saya pada google chrome beta ini (saat ini baru tersedia untuk versi windows). Hal kecil yang mungkin berbeda dibanding firefox dari sisi design: jika kita membuka link pada tab baru, tab tersebut akan muncuk disamping tab yang memuat link tersebut(tab halaman yang kita klik linknya), bukan disisi paling kanan seperti firefox dll. Mouse over pada hyperlink text akan menampilkan urlnya secara floating di sisi kiri bawah, tidak ada dedicated status bar (yang biasa memuat alamat url ketika kita melintas di teks atau gambar hyperlink) di bagian bawah browser.


Begitulah sekilas tentang percobaan saya sehari ini memakai google chrome.  Kalau belum puas, download saja kemudian komen disini kalau ada yang terlewat dari pengalaman saya diatas.

Labels: ,


About this entry