Skip to main content

Laporan Apple WWDC 2008: iPhone apps,MobileMe, iPhone 3G, OS X Snow Leopard

[update: bagi yang ingin melihat video WWDC 2008 keynote bisa ke apple website]

Sejak diumumkan beberapa bulan lalu dan telah dinantikan oleh jutaan penggemar gadget dan apple fans, terbukti dengan sold out nya tiket, Apple WWDC 2008 digelar di Moscone West San Fransisco, mulai tanggal 9 - 10 Juni 2008. Ajang tahunan yang mempertunjukkan dan mempertemukan developer-developer apple ini sangat ditunggu karena adanya isu diluncurkannya iPhone 3G dan Sistem Operasi (OS X) yang baru.

Tampaknya memang begitu, berikut rangkuman laporan dari presentasi pembukaan WWDC 2008 dari berbagai sumber

Jam 10.07 Steve Jobs muncul dengan stelan khasnya, membuka presentasi dengan ketakjubannya dia dengan lakunya tiket WWDC 08, rekor baru dengan 5200 peserta. Kemudian steve sedikit menyinggung tentang iPhone SDK, sejak diluncurkan 6 Maret lalu 4000 aplikasi iPhone diterima dari 25000 aplikasi yang disubmit oleh developer. Pengguna iPhone selanjutnya dapat membeli/mendownload berbagai macam aplikasi di iPhone App store webite. Steve jobs hanya menyitir sedikit bahwa memang OS X yang baru yaitu OS X 10.6 mempunyai nama kode "Snow Leopard"

Presentasi dilanjutkan dengan berbagai demo aplikasi iPhone baru dari berbagai perusahaan/individu seperti :
  1. Forstall dan Sega yang mengusung game Super Monkey Ball. Dijelaskan di panggung bahwa game untuk iPhone tersebut teridiri atas 110 tingkat, demo singkat diperagakan. Harga $9.99 di Apple store.
  2. eBay. Situs lelang terkemuka juga mengembangkan aplikasi iPhone dengan user interface menawan untuk memudahkan pengguna memonitor lelang. Gratis di App Store website.
  3. Loopt,sebuah situs social networking memperagakan bahwa aplikasi mereka memanfaatkan Location Based Service & Maps di iPhone untuk memetakan dimana letak teman-teman/relasi. Aplikasi tersedia gratis.
  4. Selanjutnya dari ranah blogosphere, typePad membawa aplikasi mobile blogging khusus iPhone, gratis.
  5. AP atau Associated Press menawarkan personalisasi berita ditampilkan di iPhone berdasarkan lokasi pengguna iPhone. Sekali lagi aplikasi gratis.
  6. Pangea Software mendemokan 2 game 3D yang lumayan asyik yaitu Enigmo (3D puzzle) dan Cro-Mag Rally (caveman racing game). Game ini sebelumnya dikembangkan untuk Max OS X dan cukup memakan CPU resource. 2 Game tersebut dihargai $9.99
  7. Tidak melulu dari perusahaan, aplikasi bernama "Band" didemokan oleh developer individu Mark Terry (mgkn saudara John Terry chelsea). Dengan Band, kita bisa membuat musik dengan iPhone, terry melantunkan musik lagu Imagine nya john lennon lewat iphone touchscreen piano. Band akan tersedia di App store dalam hitungan minggu.
  8. Dr S mark william dari Modality memperagakan bahwa murid/mahasiswa kedokteran bisa memanfaatkan aplikasi yang mereka buat untuk mengamati gambar anatomi tubuh dengan sangat detil,sampai ke bagian arteri dan vena. Mereka juga menjanjikan akan mengembangkan aplikasi-aplikasi lain yang bermanfaat untuk kesehatan.
  9. dan berbagai aplikasi lainnya...
  10. oh iya, Steve jobs juga menyebutkan bahwa dalam waktu dekar, iPhone akan mempunyai dukungan penuh untuk bisa memanfaatkan iWork dokumen, dan MS Office (Power Point) - MS excel dan word sudah bisa digunakan di iPhone saat ini.

Mobile Me.
Steve Jobs kemudian mengenalkan Mobile Me. Seperti diisukan sebelumnya bahwa mobile me ini akan menggantikan .Mac, MobileMe difungsikan terutama sebagai exchange server untuk semua perangkat apple. Pada dasarnya, MobileMe adalah ruang online yang disewa agar pemakai tidak perlu repot memindahkan data (file,agenda,email dsb) antar perangkat. MobileMe seperti lazimnya akan dapat diakses melalui komputer (apple mac family) maupun iPhone dan iPod touch. MobileMe akan mengirimkan push email,contacts dan agenda/calendar ke iPhone.


iPhone 3G
Akhirnya kabar tersebut dapat kepastian juga. steve jobs membuka pengenalan iPhone 3G dengan kebagaan dia akan tersebarnya iPhone, termasuk banyaknya yang berantusias menge-hack iPhone, hehe.
"We did figure out what our next challenges are." 3G networking, as you
might have heard, is that first challenge. Enterprise support is the
second, third is third-party application support, fourth is
international support--as Jobs jokes about the unlocked iPhones all
over the world--and fifth, everybody wants an iPhone, but we need to
make it more affordable."
"Today we're introducing the iPhone 3G."
Di presentasi ditunjukkan perbandingan kecepatan loading 3G dan EDGE. Halaman kaya isi dari National Geographic memakan waktu 21 detik di iPhone 3G sedangkan di EDGE 59 detik. Jobs mengkonfirmasi juga bahwa iPhone 3G akan mempunyai GPS.
Harga iPhone sangat berubah, iPhone 3G 8Giga dibandrol dengan $199 sedangkan yang 16Giga dihargai $299. nyam..... makanya slogannya " twice as fast, half the price"
sayangnya, iPhone 3G baru akan dirilis resmi tanggal 11 Juli 2008.

demikian laporan singkatnya, ada yang mau komentar atau menambahkan? Atau malah ada yang hadir di WWDC 2008 di moscone?

foto milik macrumors.com dan cnet.com

Comments

infoGue said…
artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://apple.infogue.com/
http://apple.infogue.com/laporan_apple_wwdc_2008_iphone_apps_mobileme_iphone_3g_os_x_snow_leopard

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Popular posts from this blog

Melihat Sejarah Komputer di Museum Sejarah Komputer

Jauh sebelum slim, powerful dan batere tahan lama. Komputer tidak seperti yang kita kenal sekarang. Disamping ukurannya yang segede gaban stylenya pun tentu tidak setrrendi yang kita lihat sekarang.
Coba liat prototype konsol permainan atari ini :

Prototype Atari
Melihat bentuknya saja bikin males maen game :D

Silahkan melihat lebih lengkap sejarah komputer di museum sejarah komputer.

email dari paypal wishlist

sedikit kabar segar, bagi yang pernah ikuta paypal wishlist di facebook (sd akhir des 2009), itu loh promosinya paypal asia untuk menarik banyak pengguna, akhirnya paypal benar2 membayar, saya sudah terima dana dari paypal, diterima dengan selamat!.
silahkan cek inbox email paypal anda untuk cek, lumayan receh buat beli gorengan online! sapa ya yg dapet max 100USD ?