Rumah...

Rumah - bahasa
kadang aku berpikir memang untuk beberapa alasan, bahasa Indonesia itu kurang kaya. Contohlah kata rumah, kalau ditranslasi ke bahasa Inggris, rumah bisa menjadi house atau home. Padahal kata home dan house memiliki arti yang berbeda bukan.. "home sweet home" itu kata2 bijak; sedangkan "house sweet house" itu kata2 advetorial dari marketing developer perumahan :p

Rumah - Kemampuan
Bagi sebgaian besar rumah tangga (terutama rumah tangga baru), mempunyai rumah (house) sendiri adalah pencapaian besar, sekaligus perjuangan dalam pencapaiannya. Sebagian orang yang beruntung, mudah dalam perjuangannya; untuk sebagian yang lain, perlu lebih dari ngos-ngosan nafas, keringat dan doa. Namun, yang lebih beruntung adalah, orang yang bisa mendirikan rumah (home) bagi keluraga terkasihnya. Karena untuk mendirikan rumah (house) yang sama, orang diberi rejeki kemampuan berbeda, sedangkan untuk mendirikan rumah (home), secara umum, fitrah, orang dianugrahi potensi yang sama, tergantung cara memperlakukan potensi itu.


Rumahku...
kemarin, sedikit aku merias rumah yang kami tinggali sementara. Memang mengagumkan apa yang warna bisa buat, rumah lusuh dan lesu kini kembali ceria.... bangunannya, the house. Dan sore itu, sembari me-nina bobo kan anaku dibalik jarit, entah berapa lama aku menatap rumah (house) kami, merenung dan berdoa: semoga dapat menghadirkan rumah (home) terbaik bagi keluargaku, meski berapapun panjang dan lebarnya* ,... InsyaAllah yang penting berkahnya.
Baiti Jannati


*asal layak dan nyaman, syukur klo lebih :D

Labels:


About this entry