Skip to main content

Busway:Semakin Dicinta,Semakin Dusta?

Sejak sebulan lebih menjadi pengguna transjakarta busway,saya semakin addicted tapi juga semakin tahu 'borok' yang perlu didandani. Dari hasil pengamatan di lapangan (terutama busway koridor 6: Ragunan-Kuningan), peminat busway semakin banyak setiap hari (belum ada statistik resmi). Penyebabnya ya terutama karena kemacetan di mampang bagi sebagian besar orang adalah membahayakan kesehatan, terutama kesehatan mental. Namun, semakin banyak pengguna jasa transjakarta busway (TB) ini justru malah membuka celah keburukan penanganan operasional TB itu sendiri. beberapa diantarnya adalah :
  • Ini yang paling menonjol, menumpuknya penumpang di halte2 tertentu , terutama saat berangkat jam kantor dan pulang jam kantor.
  • Penanganan busway sendiri. Busway, yang notabene adalah jalur bebas hambatan untuk transjakarta, tidak lagi dijamin bebas hambatan. Setiap sore selepas pertengahan mampang-buncit, selalu saja ada mobil dan kendaraan bermotor lain yang menjubeli jalur busway,sehingga menghambat bus transjakarta, mengurangi efisiensi waktu sekitar 15 menit per perjalanan. Harusnya hal ini bisa dicegah dengan penempatan petugas yang mampu mengatur lalu lintas sepanjang jalur busway, untuk mencegah masuknya kendaraan lain masuk jalur busway. (note: kadang polisi membiarkan kendaraan lain masuk jalur busway, untuk yg satu ini, butuh kesadaran masing2 pemakai jalan... mmm..ini yg susah.)
  • Beberapa kali pernah terjadi perkelahian ringan antar calon pemakai TB di halte Ragunan, biasanya terjadi di pagi hari saat jam2 hampir telat kerja. Sumber kesalahan: pertama,oke,memang emosi calong penumpang. kedua, petugas tidak memberikan jalur antrian yang jelas sehingga calon penumpang yang antri tidak beraturan. Nampak petugas juga tidak tegas untuk menertibkan para calon penumpang yang antri. Masih mending anak SD yang baru masuk, hobby antri.
  • Keteledoran petugas dan pengemudi busway : kadang setelah TB berhenti disalah satu halte, hanya 1 pintu saja yang terbuka (apa dong fungsinya dibikin 2 pintu? ; pernah terjadi, ditengah jalan ketika TB sedang berjalan, tiba2 pintu terbuka, wadooh kalu saya sedang enak2nya nungging didekat pintu kan bisa fatal. ; hal yang sama juga terjadi ketika berhenti di halte, pengemudi salah membuka pintu (harusnya pintu kanan, yg dibuka malah pintu kiri)..
rute transjakarta busway 2007rute busway 2007

semoga catatan diatas bisa terbaca bagi siapa saja, terutama yg bisa menyampaikan ke pihak Tranjakarta Busway. Karena moda angkutan ini cukup menjanjikan untuk mengatasi macet dan mencret karena macet di Jakarta.

Kalau jelek terus, frank sinatra tidak jadi bernyanyi.. " i did it.... busssssswaaaaaaayyy" . (Un)related song:

Comments

Popular posts from this blog

Melihat Sejarah Komputer di Museum Sejarah Komputer

Jauh sebelum slim, powerful dan batere tahan lama. Komputer tidak seperti yang kita kenal sekarang. Disamping ukurannya yang segede gaban stylenya pun tentu tidak setrrendi yang kita lihat sekarang.
Coba liat prototype konsol permainan atari ini :

Prototype Atari
Melihat bentuknya saja bikin males maen game :D

Silahkan melihat lebih lengkap sejarah komputer di museum sejarah komputer.

email dari paypal wishlist

sedikit kabar segar, bagi yang pernah ikuta paypal wishlist di facebook (sd akhir des 2009), itu loh promosinya paypal asia untuk menarik banyak pengguna, akhirnya paypal benar2 membayar, saya sudah terima dana dari paypal, diterima dengan selamat!.
silahkan cek inbox email paypal anda untuk cek, lumayan receh buat beli gorengan online! sapa ya yg dapet max 100USD ?