Indonesia Menang !


Timnas Indonesia memang akhirnya menyingkir dari kancah AFC 2007 setelah harapan dihempaskan timnas Korea dengan kekalahan tipis 0-1. Dibalik semua itu ada beberapa catatan manis tentang timnas dan Indonesia sendiri, yang menurut saya layak untuk disebut kemenangan :

1. Perjuangan timnas Indonesia adalah kemenangan tersendiri, dengan selisih skill maupun fisik dibanding Arab dan Korea misalnya, mereka masih bisa berjuang mati2an-seperti tentara kata Ivan Kolev- penuh semangat. Entah kosakata apa yang bisa disematkan untuk ini: patriotisme, heroisme atau apapun. Dari pandangan saya, mereka benar2 berjuang untuk bangsa ini, untuk kebanggaan rakyat Indonesia, jauh lebih dari memikirkan bonus dan karir mereka sendiri. Pantas saja film Nagabonar jadi 2 menyebut-nyebut tersedianya lapangan sepakbola adalah salah satu instrumen menuju kebanggan bangsa.

2. Pendukung timnas sendiri, rakyat Indonesia, sudah meluruhkan sikap apatis dan pesimis terhadap kekuatan sepakbola kita. Dengan penuh antusias laskar garuda rela berduyun-duyun memenuhi senayan, atau bagi yang tidak nonton langsung,rela pulang kerja awal untuk nonton di TV. Saya sendiri yang dapat kesempatan 2 kali menonton langsung di Gelora Bung Karno di ajang AFC ini, sering merinding merasakan rasa kebanggaan bertanah air Indonesia. Entah sudah lama tidak , atau baru kali itu saya mendengar alunan "Indonesia Raya" dan saya hanya sanggup bergumam lirih ikut melantunkan, karena rasa haru sudah memberatkan mata yang seakan-akan mau gerimis. Sikap loyal pendukung timnas yang bisa menerima kekalahan dan masih setia Bersorak "Indonesia...Indonesia..Indonesia" walau peluit menyudahi perjuangan timnas. Sepanjang kepemimpinan SBY pun saya sakin bahwa kali beliau nonton langsung timnas,beliau merasakan bangga melihat rakyat Indoneisa, dibanding pada kesempatan lain.

3. Sikap sportif timnas dan pendukung Indonesia yang menerima kekalahan tanpa anarki. Dan sikap profesional untuk memprotes AFC karena keteledoran memilih wasit dan kesalahan wasit itu sendiri pantas kita banggakan.

Tiga hal itu yang bisa saya anggap kemenangan. Semoga setelah ini, tidak hanya waktu ada event bola kita bisa bersatu.

Tentang kegagalan timnas untuk lolos atau jadi Juara, mungkin bukan kali ini, mungkin bukan di Kandang kita.... tapi kita sudah bisa menantikanya, bukan hanya memimpikannya.... Hidup INDONESIA !



gb. nonton timnas langsung di GBK. saya (bersyal merah putih) nonton secemas SBY kala itu :p



Labels: , , ,


About this entry