The Google Story


Itu judul buku terakhir yang masih kubaca (versi indonesia). Isinya tentang cerita gimana Google (atau Google Inc.) bisa gedhe seperti sekarang.

Diceritakan dengan gaya bahasa detektif, David A.Wise dibantu sama Mark Malsheed berhasil memberi sentuhan kronologis yang alurnya bisa dicermati (klo terlalu cermat ngatuk juga siih).

Bermula dari pertemuan 2 orang Mahasiwa Doktoral Stanford, Sergei Brin dan Lary Page ( pemuda 25 taonan lahh). Bermodalkan rasa tidak puas akan mesin pencari yang ada waktu itu (Altavista etc) mereka memulai proyek baru untuk membuat mesin pencari yang lebih memuaskan penggunanya. Ide awal yang agak 'edun' dari si sergei, bahwa ia berniat untuk mendownload semua web dalam waktu seminggu... tentu saja hal muskil itu ga terwujud. Namun dengan niat itu pula mereka berhasil membuat algoritma baru untuk proses pencarian, namanya yang tentu saja dah jamak disebut : PageRank.

Sergei dan lary ini membuat algoritma tersebut berdasarkan kebiasaan orang2 saat membuat thesis atau makalah. Pada setiap makalah atau thesis pasti akan melampirkan rujukan sbg penunjang karya tersebut. Naah, klo misalkan karya thesis itu terkenal,maka daftar rujukannya pun akan bernilai tinggi. Begitu pula, thesis atau karya lain yang sering dipakai sebagai rujukan tentunya mempunyai nilai kepercayaan tinggi. Disinilah metode tersebut menghasilkan PageRank, yang intinya adalah peringkat dari link-link yang ada di internet. Jika halaman webmu ada daftar link-nya Yahoo! misalkan, pastinya doong pagerank-nya lebih tinggi daripada klo di list di 17taon.com (ata kebalikan ya,lebih tinggi di 17 taon.com ??? hehe.. ) dan klo semakin banyak web page yang naruh link menuju ke halaman web-mu, ini akan menambah popularitas webpage kamu. so dari hasil pencarian google untuk kata kunci tertentu(seusai dengan profil web kamu) akan merujuk ke website kamu. Semakin banyak web kamu dirujuk, semakin tinggi kemungkina web kamu bakal muncul di hasil pencarian google.

Google, atau sebenarnya Googol, nama inilah yg sebenarnya dimaksud pertama kalinya, cuman temen si sergei sebagai penasihat nama, salah mengeja, jadinya Google deh. Googol sendiri artinya bilangan yang gueadhe banget.. 1 didepan dan 100 angka 0 dibelakangnya. (kebayang gak?? ga usah dibayangin,mencret ntar). Semakin tingginya keperluan hardware dan software untuk Google ini membuat mereka bekerja keras merakit komputer2 PC dalam rak raksasa denga jaringan sedemikian rupa sampai sampai diklaim tidak akan tertandingi oleh sistem komputer pemerintah atau swasta manapun juga... saking hebatnya, ada istilah khusus yg dianugrahkan penulis buku tersebut untuk menyebut hardware dan software google ini, yaitu Googleware.

Penyebaran google sendiri sebenarnya hanya dari mulut ke mulut (orang2 di silicon valley) waktu itu, kemudain merambah ke link ke link, YM ke YM, email ke email dsb... dengan tampilan sederhan dan jaminan kepuasan pencarian sesuai kriteria, google adalah primadona baru dunia internet. Dan dengan sentuhan iklan iklan kecil yang penampilan terfokus pada hasil pencarian (otomatis seusai target iklan), google telah berkembang menjadi mesin penghasil uang. Lihatlah harga lonjakan saham google sejak pertama kali tahun 2005 terdaftar di NASDAQ. fuihh... Hasil ini pula pasti membuat Altavista dan Yahoo! gigit jari, soalnya pada saat sergei dan page menawarkan algortima ini sama mereka, dengan penuh keyakinan mereka mantab untuk menolak karena tidak ingin ada intervensi dari luar (A.K.A sedikit sombong dengan kekuatan merekan sendiri waktu itu..)

well..itulah sekilas berita tentang google yang bisa kucomot. mo lebih lengkap.. boleh diintip disini bukunya.
Kemaren sembari baca,mikir2 gimana y cara nyaingin mereka (mimpi bin... huehuhe)

Labels: , , , , ,


About this entry